Gallery

Sistem BC elektronik di KIE beroperasi

Pemprov Kepulauan Riau mengoperasikan secara resmi pelayanan kepabeanan dan cukai secara elektronik di Kabil Indonusa Estate (KIE) Batam.

Sistem ini merupakan layanan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi  Web Base, berbeda dengan yang berlaku di Tanjung Priok Jakarta. Batam akan menjadi proyek percontohan untuk sistem yang akan diterapkan diseluruh Indonesia. Sekretaris Pemprov Kepri Edy Wijaya mengatakan tuntutan pelaku usaha saat ini cukup tinggi atas layanan yang cepat dan tepat.

Sistem ini diharapkan dapat menjawab tuntutan tersebut, di samping itu juga diharapkan penerimaan pemerintah dari sektor nonmigas dapat meningkat.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Jody Koesmendro menjelaskan sistem ini merupakan salah satu upaya kantor Bea dan Cukai dalam mempersiapkan sistem pelabuhan di Indonesia ke sistem Asean Single Windows (ASW) pada 2008.

Dipilihnya Batam, karena kota ini menjadi pilot project untuk National Single Windows (NSW) dan infrastruktur di daerah ini juga telah siap dan setelah KIE kawasan industri lainnya seperti Batamindo, Tanjung Uncang, Batu Ampar juga akan menerapkan sistem yang sama, katanya.

( sumber : Bisnis Indonesia )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s