Gallery

Workshop Dasar-dasar Kepabeanan dan Cukai


Batam (BP Batam) – Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada publik dan peningkatan kompetensi SDM Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam pengelolaan proses perijinan di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, BP Batam melaksanakan program workshop dasar-dasar kepabeanan dan cukai bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bea dan Cukai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan RI.Pembukaan workshop dilakukan oleh Kepala Badan Diklat Keuangan Kementerian Keuangan RI, Dr. RB. Permana Agung D, MA. Disaksikan Kepala BP Batam Ir. Mustofa Widjaja, MM., Wakil Kepala BP Batam Drs. Manan Sasmita, para pejabat eselon I dan II BP Batam, serta Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam dan jajarannya dan para undangan lainnya, pada Jumat (5/10/2010) di gedung Marketing Centre BP Batam, Batam Centre, Batam.

Pelaksanaan program workshop tersebut merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Pusdiklat Bea dan Cukai Badan Diklat Keuangan Kementerian Keuangan RI dan BP Batam tentang kerjasama penyelenggaraan diklat kepabeanan tahun anggaran 2010 yang telah ditandatangani bersama oleh Kepala Pusdiklat Bea dan Cukai Badan Diklat Keuangan Kementerian Keuangan RI Endang Tata dan Anggota 4 / Deputi Bidang Administrasi dan Program BP Batam Mochamad Prijanto, pada 1 November 2010 lalu, yang mana ruang lingkup kesepahaman itu meliputi bantuan penyelenggaraan program kegiatan diklat dan bantuan tenaga pengajar.

Adapun materi workshop dalam diklat kepabeanan dan cukai ini mencakup Pengantar Kepabeanan dan Cukai; Pengenalan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas; Tatalaksana Kepabeanan dan Cukai di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas; Ketentuan Larangan dan Pembatasan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas; Pengenalan Klasifikasi Barang (harmonized system); serta Permasalahan dan Studi Kasus.

Selain penyampaian materi dan diskusi, juga akan dilakukan peninjauan lapangan ke pelabuhan-pelabuhan yang ditunjuk untuk pelaksanaan FTZ dan ke Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam.

Pelaksanaan kegiatan diklat diikuti 45 karyawan BP Batam yang dilaksanakan selama 8 hari, di mana hanya dilaksanakan pada setiap Jumat sore dan hari Sabtu dan Minggu pada November 2010. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu proses pelayanan publik dalam pengurusan berbagai ijin perdagangan dan industri yang diproses di Badan Pengusahaan Batam. (Sumber : Humas / Publikasi OB / Bp Batam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s