Gallery

Kanpel Batam Kewalahan Awasi Pelabuhan Tikus

Kepala Kantor Pelabuhan (Kakanpel) Batam Ali Ibrahim, mengaku kewalahan mengawasi keberadaan serta aktivitas pelabuhan tikus yang semakin bertambah di Batam, Jumat (15/7). Kondisi geografis Batam yang didominasi laut dan kultur masyarakat pesisir menjadi alasan lemahnya pengawasan tersebut.

“Kalau kita larang secara frontal akan berdampak langsung pada pelemahan ekonomi masyarakat Batam,” ujarnya.

Sebab aktivitas perekonomian masyarakat yang tinggal di pesisir, katanya, semua melalui jalur laut. Mereka beranggapan, kalau dilarang beraktivitas dan harus mengalihkan kegiatannya melalui daratan, akan memakan biaya transportasi yang besar.

“Istilahnya, sebelum Kanpel berdiri di Batam, masyarakat pesisir sudah melakukan aktivitas perekonomiannya di pelabuhan yang dibangunnya secara sederhana,” katanya.

Ali menegaskan, lemahnya pengawasan terhadap aktivitas dan munculnya pelabuhan tikus tanpa koordinasi dengan Kanpel, bukannya tak diawasi sama sekali.

“Pengawasan dan kontrol dari kita tetap ada. Namun, sebatas aktivitas mereka saja, seperti kontrol keluar masuk barang di pelabuhan tikus,” terangnya.

Pengawasan terhadap aktivitas di pelabuhan tikus, kata Ali, selalu berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti Polair, TNI AL, serta Bea Cukai Batam.

“Sampai saat ini aktivitas di pelabuhan tikus masih terpantau dengan baik, meski saya akui masih ada beberapa pelabuhan tikus yang aktivitasnya diduga ilegal seperti tempat jalur masuk TKI ilegal, dan selundupan barang konsumsi ilegal seperti sembako dan elektronik dari luar negeri. Namun prosentasenya kecil,” jelasnya.Sumber (Batam Pos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s